Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas 6 SD Semester 1/ 2

Proses pembelajaran pendidikan Sekolah Dasar dalam hal perhitungan merupakan hal yang paling mendasar ketika akan melanjutkan ke jenjang berikutnya. Buku matematika kurikulum 2013/K13 kelas 6 SD semester 1/ 2 Revisi ini memberikan dampak sigmifikan bagi kelangsungan belajar matematika jenjang tingkat akhir SD. Setelah peserta didik mempelajari buku ini diharapkan mampu menyalesaiakan semua kompetensi baik itu KI maupun KD.
Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas 6 SD Semester 1/ 2
Buku Matematika Kurikulum 2013

Materi pelajaran yang termuat di buku matematika K13 kelas 6 SD diantaranya sebagai berikut.

Membaca dan Menulis Bilangan Bulat
Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan siswa mampu membaca serta menulis lambang bilangan bulat. Guru meminta siswa untuk mengamati beberapa contoh cara membaca dan menulis bilangan bulat yang telah disajikan di Buku Siswa. Kemudian untuk menguji pemahaman siswa, guru meminta siswa untuk mengerjakan Latihan 1. 2.

Letak Bilangan Bulat ada Garis Bilangan
Kegiatan ini bertujuan agar siswa memahami posisi bilangan bulat pada garis bilangan. Dengan memperhatikan letak bilangan diharapkan siswa mampu membandingkan bilangan negatif. Semakin ke kiri maka nilai bilangan tersebut semakin kecil, sebaliknya semakin ke kanan maka nilai bilangan tersebut semakin besar. Kesimpulan tersebut diharapkan secara intuitif muncul dalam benak siswa.

Perbandingan Bilangan Bulat
Setelah siswa memahami letak bilangan bulat pada garis bilangan, guru mengajak siswa untuk membandingkan bilangan bulat.

Urutan Bilangan Bulat
Setelah siswa mampu membandingkan dua bilangan bulat, guru mengajak siswa untuk mengurutkan bilangan bulat. Untuk mempermudah siswa dalam memahami urutan bilangan bulat, guru memberikan ilustrasi pada garis bilangan.

Lawan Suatu Bilangan
Pada kegiatan ini, diharapkan siswa memahami dua bilangan yang saling berlawanan. Dua bilangan dikatakan berlawanan jika jumlahnya sama dengan nol.
Contoh :
–4 adalah lawan dari 4, karena 4 + (–4) = 0
20 adalah lawan dari –20, karena –20 + 20 = 0
Operasi Hitung Bilangan Bulat

Setelah mempelajari subbab ini diharapkan siswa memahami operasi hitung yang melibatkan bilangan bulat. Operasi hitung meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pada Buku Guru ini diberikan contoh pembelajaran operasi hitung bilangan bulat menggunakan pendekatan saintifik.

Penjumlahan Bilangan Bulat
Langkah 1: Mengamati
Untuk memulai pembelajaran dengan pendekatan saintifik guru meminta siswa untuk mengamati beberapa contoh operasi hitung penjumlahan yang disajikan di Buku Siswa. Di kelas sebelumnya siswa telah mempelajari tentang penjumlahan bilangan bulat positif. Pada kegiatan ini, pemahaman siswa tentang penjumlahan diperluas dengan melibatkan bilangan bulat negatif. Guru meminta siswa untuk mengamati langkah-langkah menjumlahkan bilangan bulat melalui ilustrasi pada garis bilangan.

Langkah 2: Menanya
Guru meminta siswa untuk membuat pertanyaan yang besifat dugaan berdasarkan hal yang diamati. Berikut ini contoh pertanyaan yang baik untuk diajukan.
1. Bagaimana cara menjumlahkan bilangan bulat negatif dengan bilangan
bulat negatif?
2. Bagaimana cara menjumlahkan bilangan bulat negatif dengan bilangan
bulat positif?

Demikian buku matematika kurikulum 2013 kelas 6 SD semester 1 dan 2. Semoga bisa menjadi bahan pembelajaran bagi Bapak/Ibu guru.

0 Response to "Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas 6 SD Semester 1/ 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel