Cara Mengatasi Data Warning/ Invalid Dapodik 2019

Cara mengatasi data warning/ invalid dapodik 2019 untuk data sekolah dan sarpras. Aplikasi dapodik versi terbaru tahun pelajaran 2018/2019 dapat digunakan jika sudah melakukan regestrasi terlebih dahulu, cara melakukan regestrasi bisa melalui offline dan online. Seperti pada versi sebelumnya aplikasi dapodik biasanya mengalami permasalahan data invalid dan warning ketika sudah menginput data sekolah, sarpras, peserta didik, GTK, rombongan belajar, referensi, jadwal dan pembelajaran. Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips mengenai cara memperbaiki permasalahan-permasalahan tersebut.
Cara Mengatasi Data Warning/ Invalid Dapodik 2019
Cara Mengatasi Data Warning/ Invalid Dapodik 2019
Untuk mengetahui masalah data waring/ invalid terlebih dahulu rekan-rekan OPS login ke Aplikasi Dapodikdasmen, menggunakan ussername, pasword dan kode regestrasi. Berikut ini cara mengatasi data invalid/ warning dapodik 2019.

1) Pilih fitur validasi kemudian validasi lokal tepat berada dibawahnya.
2) Pada gambar berikut terdapat beberapa data warning dan invalid, seperti sekolah, sarpras, peserta didik, GTK, rombongan belajar, jadwal, nilai, referensi dan pembelajaran.
Cara Mengatasi Data Warning/ Invalid Dapodik 2019
Cara Mengatasi Data Warning/ Invalid Dapodik 2019
Dari data warning dan invalid tersebut, kita coba selesaikan satu persatu terlebih dahulu :

Mengatasi Masalah Warning/ Invalid Data Sekolah
  • Pilih data sekolah, kemudian muncul data yang harus diisi (data periodik sekolah periode ganjil/ 2018 belum diisi dan data sanitasi sekolah periode ganjil/ 2018 belum diisi).
  • Pilih menu sekolah pada bagian menu disebelah kiri. Selanjutnya pilih data periodik (2018/2019 ganjil).
    Cara Mengatasi Data Warning/ Invalid Dapodik 2019
    Cara Mengatasi Data Warning/ Invalid Dapodik 2019
  • Pada isian dibawahnya pilih waktu penyelenggaraan diisi dengan double shift/6 hari, selanjutnya lengkapi data isian yang lainnya. Jika sudah lengkap klik simpan.
  • Masih pada warning data sekolah, selanjutnya pilih sanitasi (2018/2019 ganjil) isikan sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.
  • Kembali ke menu validasi lokal, pilih refresh. Di cek kembali apakan data invalid/ warningnya sudah hilang atau belum. Jika sudah valid akan muncul keterangan terimakasih seluruh data valid.
Mengatasi masalah warning/ invalid data sarpras
  • Masih pada menu validasi lokal, pilih tab sarpras.
  • Lihat satatus invalid/ warning sejemlah berapa pada data sarpras.
  • Untuk mengatasi hal tersebut pilih menu sarpras, di bagian sebelah kiri.
  • Pilih menu aksi kemudian salin data periodik, pilih ya, tunggu sampai proses penyalinan selesai, setelah selesai dan muncul menu info, klik ok
  • Kembali lagi ke menu validasi lokal pada tab sarpras pilih refresh, maka data invalidnya sudah berkurang. Untuk mengatasi data yang belum valid silahkan pilih menu sarpras, dibagian atas cari data yang belum valid kemudian pilih ubah dan sesuaikan isiannya, setelah itu simpan. Sampai semua selesai dan valid.
  • Untuk mengeceknya kembali lagi ke menu validasi lokal pada tab sarpras pilih refresh
Demikian tadi cara mengatasi data invalid/ warning dapodik 2019 untuk data sekolah dan sarpras. Semoga bisa menyelasikan tugas rekan-rekan OPS. Sekian dan terimakasih.

0 Response to "Cara Mengatasi Data Warning/ Invalid Dapodik 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel