Juknis PPDB 2019/2020 PDF TK SD SMP SMA SMK (Penerimaan Peserta Didik Baru)

Dalam rangka mensukseskan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru pada satuan pendidikan, maka perlu dibuatkan petunjuk teknis/ Juknis PPDB 2019/2020 TK SD SMP SMA SMK yang mempunyai peranan penting untuk mengatur segala kebijakan – kebijakan serta program pemerintah pusat maupaun daerah berdasarkan prinsip transparan nondiskriminatif; objektif; berkeadilan dan akuntabel.
Juknis PPDB 2019/2020 PDF TK SD SMP SMA SMK (Penerimaan Peserta Didik Baru)
Juknis PPDB 2019/2020

Beberapa waktu yang lalu KEMENDIKBUD menerbitkan PERMEN R.I NOMOR 51 TENTANG PPDB SEKOLAH MENENGAH PERTAMA, SEKOLAH MENENGAH ATAS, SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN, dan TAMAN KANAK-KANAK, SEKOLAH DASAR, diantaranya berisi :

Seleksi PPDB 2019/2020

Calon peserta didik baru kelas satu Sekolah Dasar memakai sistem zonasi atau berdasarkan tempat tinggal wilayah kecamatan, kelurahan, dusun dan jalur pemindah tugasan wali/ orang tua siswa. Khusus untuk kegiatan PSB/ PPDB di tahun pelajaran 2019/2020, ketetapan mengenai tempat tinggal/ domisili calon peserta didik, berpedoman pada alamat yang tercantum di KK (kartu keluarga) atau surat keterangan tempat tinggaldengan mempertimbangkan beberapa karakter berdasar prioritas utama yaitu sebagai berikut:
  • Umur calon siswa baru sebagaimana tercantum dalam Pasal 7 (1) yang menyatakan bahwa usia kelas 1 SD adalah tujuh tahun atau paling rendah enam thn tanggal 1/07 di tahun berjalan, misalnya 1 Juli 2019.
  • Jarak tempuh dari tempat domisili paling dekat ke Sekolah dengan sistem zonasi ditentukan oleh Pemerintah Daerah masing-masing kab/kota.
  • Sekolah mempunyai kewajiban untuk menerima calon siswa  berusia 7 tahun dengan tempat tinggal dalam zonasi seperti yang sudah ditetapkan tadi.
  • Jika terdapat usia calon siswa baru sebagaimana tercantum di pasal tujuh ayat satu terjadi kesamaa, maka penerimaan peserta didik hendaklah mengacu pada jarak yang terdekat dari tempat tinggal calon peserta didik ke Sekolah.
  • Dalam menjaring masuknya siswa baru kelas 1 (satu) khusu jenjang SD tidak diperkenankan mengadakan tes menulis, menghitung, dan membaca, menulis.
Seperti di tingkat SD menggunakan jalur zonasi atau perpindahan tugas wali/orang tua, ini juga berlaku untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas tujuh dan SMA/SMK kelas sepuluh hanya saja ada tambahan melalui jalur prestasi.

Seleksi penerimaan calon peserta didik baru kelas 10 SMA/SMK dan 7 (tujuh) SMP seperti terdapat dalam Juknis PPDB 2019/2020 diberikan kebebasan bagi sekolah penyelenggara PPDB menggunakan mekanisme dalam jaringan (daring) dilaksanakan dengan mengutamakan jarak tempuh tempat tinggal siswa ke Sekolah diambil yang terdekat dalam sistem zonasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah kabupaten/kota wilayah masing-masing. Proses seleksi khusus SMA/SMK bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut ini :
  • Hasil tes/ujian kompetensi bakat dan minat sesuai dengan kehalian yang dimiliki atau dengan menerapkan kriteria pemilihan kejuruan yang sudah ditentukan pihak Sekolah dan lembaga profesi.
  • Hasil perlombaan misalnya mengikuti kegiatan Olimpiade Siswa Nasiolal atau sejenisnya dan penghargaan sesuai dengan bakat minat pada tingkat nasional, provinsi, internasional, dan/atau tingkat kab/kota.
  • Nilai dari hasil Ujian Nasional dengan dibuktikan berupa dokumen Ijazah/ SKHUN.

Biaya PPDB 2019

Pelaksanaan kegitan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada satuan pendidikan dasar/ menengah yang sudah secara resmi menerima dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun dari mulai persiapan sampai pendataan ulang, Sekolah bersatatus milik Pemerintah Daerah dilarang melakukan sumbangan/ penarikan terkait penyelenggaraan PPDB, contohnya pungutan pengadaan seragam atau buku tertentu yang masih ada hubungannya dengan PPDB.

Juknis PPDB 2019/2020 PDF

Selengkapnya Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru berdasarkan PERMENDIKBUD R.I NOMOR 51 silahkan download dibawah ini.
Download Juknis PPDB 2019/2020 PDF
Dengan adanya juknis PPDB diharapkan setiap sekolah mampu menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai lembaga pendidikaan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Mulai tahun 2020/2021 bagi sekolah yang mendapat bantuan BOS dari pemerintah pusat wajib menyelenggarakan PPDB pada bulan Mei 2020, sebagaimana terdapat pada pasal 44 PERMEN R.I NOMOR 51.

Belum ada Komentar untuk "Juknis PPDB 2019/2020 PDF TK SD SMP SMA SMK (Penerimaan Peserta Didik Baru)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel